Naik Kereta Api, Pesan Tiket Dari H-7

14 Nov 2011

Di bawah ini beberapa peraturan baru bagi yang akan menggunakan jasa transportasi kereta api. Pengalaman ini banana tulis berdasarkan pengalaman kemarin waktu pulang ke Jawa.

1. Booking / pesan tiket dari H-7 dari keberangkatan

Proses booking untuk kereta Ekonomi harus datang langsung ke stasiun dengan sistem Online. untuk stasiun yg sudah menerapkan sistem Online, bisa di lihat di sini
Untuk kereta api Bisnis/Eksekutif bisa di pesan tanpa harus datang langsung ke stasiun. Tiket bisa di pesan melalui website resmi kereta api, kantor pos, atau Kantor-kantor yg sudah bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia. Lebih detailnya silahkan lihat di SINI

2. Isi Form
bagi yang mau pesan tiket harus isi form terlebih dahulu sebelum membeli tiket. form ini berisi nama pemesan, nama kereta, tanggal berangkat, No SIM/KTP,Tujuan, dll. Tapi banana kemarin hanya isi nama pemesan dan Nama kereta tidak menjadi masalah. Setelah form di isi, silahkan tukarkan form tersebut ke loket tempat pembelian tiket.
Untuk efisiensi, lebih baik membawa pulpen dari rumah, jadi ketika isi form tidak antri pulpen yg di sediakan di stasiun. Form bisa di dapatkan di loket pembelian.
Form bagian atas adalah untuk pemesanan tiket keberangkatan dan form bagian bawah untuk pemesanan tiket ketika akan pulang kembali. jadi kalau misalkan, pergi tanggal 10 November dan akan kembali tanggal 12 November, akan lebih baik pesan tiketnya sekali waktu saja. jadi tidak bolak balik ke stasiun.

3. Tempat Duduk
Salah satu yang membuat nyaman melalui peraturan baru ini adalah setiap tiket sudah ada no. kereta dan tempat duduk nya (Banana naik kereta Ekonomi). Jadi tidak perlu kuatir mengenai jatah tempat duduk. karena peraturan yg baru, setiap gerbong hanya di isi oleh sekitar 150 orang dan tidak boleh ada yang berdiri. Tempat duduk sudah tertera di dalam tiket, jadi begitu dapat tiket, kita sudah tahu, kereta no. berapa dan tempat duduk no. berapa. nyaman bukan…??
So, jangan coba-coba naik kereta api tanpa tiket, karena setiap yang masuk stasiun saja adalah mereka yg mempunyai tiket, bagi yg tidak mempunyai tiket silahkan balik kanan (pulang).

Yang mempunyai pengalaman baru mengenai kereta api, silahkan di share di sini ya :)


TAGS jadwal kereta api kereta api tiket kereta api


-

Author

Follow Me