Pelajaran dari Tukang Ojek dan Tukang Becak

14 Jan 2012

Apa bedanya Tukang Ojek dengan Tukang Becak? Kalau tukang ojek bawa penumpangnya di belakang, kalau becak penumpangnya di depan. Persamaannya? sama-sama cari duit buat keluarga :)
Tulisan saya kali ini terinspirasi dari tukang becak dan tukang ojek. Ceritanya, ketika saya pulang kerja di suatu sore yang gerimis. Ketika akan melintasi rel kereta api, saya berhenti. Tahu kenapa berhenti? ya karena ada kereta mau lewat :D


Ketika asyik dalam gerimis-gerimisan dan menunggu kereta lewat, persis di depan saya sedang ada adegan adu mulut. Adu mulut antara tukang becak dengan tukang ojek. Apa yg menjadi ‘pertarungan’ antara keduanya? secara persis saya tidak tahu, karena ketika saya berada di posisi belakang mereka, mereka sudah saling adu mulut. Meski Tukang becak sedikit mengalah dan tidak mau ngotot dalam adegan tersebut. Saya perhatikan terus, membaca apa siy yg di ributkan kedua ‘partai’ ini. Ternyata, masalahnya adalah body becak bagian depan nyenggol body motor bagian depan juga meski tidak sampai ada korban jatuh. Nah, Tukang ojek tidak terima dengan kejadian tersebut. Dengan sengitnya, tukang ojek ngoceh-ngoech (marah-marah). Sampai-sampai tangan tukang ojek seperti akan memukul tukang becak.
Ada dua sisi yang membuat saya heran dan iba. Heran, sedemikian besarkah akibat dari senggolan becak tersebut, sehingga tukang ojek harus ngomel-ngomel (marah-marah) kepada tukang becak yg notabene sudah berumur sekitar 70 tahunan. Iba kepada bapak tua tukang becak yang dengan umur segitu tua nya masih mencari nafkah dengan mengayuh becak. Tapi saya bangga dengan kedua, meski sudah berumur senja dan dengan kondisi gerimis yang mungkin sebentar lagi hujan, mereka masih sanggup dan mau mencari nafkah demi keluarga mereka. Tidak meminta-minta dan menggantungkan diri kepada orang lain.

Pelajaran yg bisa di ambil adalah,
1. Siapa yg berusaha dia mendapatkannya
2. Usaha semaksimal mungkn selama kita mampu, tanpa harus menggantungkan diri dengan orang lain
3. Jangan mudah marah, meski ini berat dalam kondisi tertentu, karena marah bukan solusi.

Tetapi semangat, tetap tersenyum…

*suatu sore di jalan menuju ke peraduan, Cibitung-Karawang.


TAGS Catatan Kecil Becak ojek


-

Author

Follow Me